21 Sep 2016

Beranikah Arcandra Melawan Mafia Migas Tanah Air?

Arcandra Punya Nyali Lawan Mafia Migas?


topikindo.com - Hingga saat ini posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih lowong.

Apakah Presiden Jokowi akan mengangkat kembali Arcandra Tahar menjadi Menteri ESDM setelah masalah kewarganegaraannya selesai ? Kita tunggu saja.

Negarawan sekaligus budayawan Ahmad Syafii Maarif ketika dihubungi mengatakan, jika negara menilai berdasarkan kriteria objektif bahwa sosok Arcandra dinilai punya kemampuan mumpuni, dirinya tidak keberatan bila keahliannya dimanfaatkan kembali.

Menurut mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah itu, masalah heboh kewarganegaraan yang terjadi beberapa waktu lalu, lebih bersifat politis untuk melindungi mafia migas yang berkeliaran selama ini.

"Siapa tahu Archandra berani pasang badan untuk melawan mafia itu. Saya belum tahu detil, tapi jika pemerintah menilai perlunya membasmi mafia migas yang sudah kronis dan Arcandra dinilai cukup punya nyali, go a head," kata pendiri Maarif Institute itu, Minggu (18/9/2016).

Secara terpisah mantan Menteri Perindustrian, Fahmi Idris mengatakan, pengangkatan dan pemberhentian seorang menteri adalah hak prerogatif Presiden.

"Diberhentikannya Arcandra karena kasus dwikewarganegaraan itu sudah selesai sebagaimana SK WNI yang sudah diberikan oleh Menkumham. Untuk persoalan kesetiaan Arcandra kepada negara sudah tidak relevan lagi untuk dibincangkan saat ini," katanya.

Politisi senior Partai Golkar lebih lanjut mengatakan, Presiden melalui hak prerogatifnya bisa menunjuk kembali dia menjadiMenteri ESDM, karena Arcandra punya potensi dan kapasitas untuk itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar