29 Okt 2016

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Kenalkan Jargon Senyum 3 Jari

Salam jari pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang tidak konsisten alias berubah-ubah jadi sorotan. Awalnya keduanya mempopulerkan 'salam W', lalu 'salam bersama'. Sekarang ada lagi 'senyum 3 jari'. Apa pula itu?

Saat Anies-Sandi mendaftar sebagai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur ke KPU DKI Jakarta, Jumat (23/9) lalu, keduanya kompak memberi salam jari berbentuk huruf W. Simbol ini menggunakan kedua tangan yang disilangkan dengan dua jari telunjuk dan jempol membentuk huruf 'W'.

Saat hendak menjalani tes kesehatan di RSAL Mintohardjo, Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/) lalu, Anies dan Sandiaga Uno kembali menunjukkan 'salam W' ini.

"Ini artinya Work to Win. Kerja untuk menang," kata Sandiaga saat ditanya wartawan soal arti 'salam W' itu di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/9) lalu.

Tidak lama setelah itu, Anies-Sandi kemudian secara resmi meluncurkan logo resmi yang akan mereka gunaka di Pilgub DKI Jakarta 2017. Peluncuran logo resmi ini dilakukan di Jalan Cicurug, Menteng, Jakarta Pusat (20/10) lalu.

Di kesempatan itu, Anies-Sandi memperkenalkan 'salam bersama'. Logo resmi yang dibuat berbentuk gambar tangan terbuka tanpa gambar wajah kedua pasangan ini.

"Kenapa logonya tidak memakai wajah Anies dan Sandi, ini bukan hanya tentang Anies dan Sandi. Kita enggak berbicara tentang kemenangan Anies dan Sandi, tapi ini tentang masyarakat Jakarta, kemenangan masyarakat Jakarta," kata Anies waktu itu. Menurutnya, logo resmi itu hasil diskusi bersama dengan tim pemenangan mereka.

"Lambang salam ini sebenarnya kita diskusikan bersama, karena yang sedang kita lakukan ini kita berikthiar untuk mengubah Jakarta. Kita ingin mendorong sebuah simbol, lambang salam adalah salam kebangsaan," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Kemarin, Selasa (25/10) dilakukan pengundian nomor urut di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (25/10/2016). Pasangan Agus-Sylviana dapat nomor urut 1, Ahok-Djarot nomor urut 2 sedangkan Anies-Sandi nomor urut 3.

Nah, pasangan Anies-Sandi yang mendapat nomor urut 3 ini pun ramai dibahas netizen di media sosial. Mereka mendapat nomor urut 3, sementara salamnya merupakan 'salam bersama' yang menggunakan 5 jari.

Saat mendapatkan nomor urut usai pengundian, 'salam terbuka' dan nomor urut yang berbeda ini nampak jadi persoalan bagi Anies-Sandi. Saat itu, usai mendapatkan nomor urut, masing-masing pasangan calon langsung menyesuaikan diri. Agus-Sylviana mengacungkan jari telunjuk simbol nomor 1, Ahok-Djarot mengacungkan jari telunjuk dan tengah simbol nomor 2. Sementara Anies-Sandi meski mendapat nomor urut 3, keduanya tetap mengacungkan salam bersama dengan membuka lima jari, tidak menyesuaikan dengan tiga jari. Anies-Sandi sempat mengubah dengan simbol tiga jari, namun kembali ke simbol mereka dengan 5 jari salam bersama.

Hari ini, Sandiaga uno memposting foto di akun Instagram-nya sandiuno, seperti dilihat detikcom, Rabu (26/10/2016). Di foto itu dia nampak tersenyum dan tangan kirinya membentuk 'salam 3 jari' yang disebutnya sebagai 'senyum 3 jari'. Namun dia dalam keterangan di foto itu mengatakan, salam Anies-Sandi tetaplah 'salam bersama'.

"Senyum 3 jari. Salamnya tetap salam bersama!" tulisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar